Jumat, 27 Desember 2019

Keluar dari Zona Nyaman

Zona Nyaman atau comfort zone merupakan sebuah keadaan dimana seseorang merasa terbiasa dan nyaman karena mampu mengontrol lingkungannya. Dalam keadaan ini, orang tersebut jarang merasa gelisah dan jarang mengalami tekanan yang mengakibatkan stress.Demikian arti zona nyaman menurut Alasdair A. K. White. Artinya disitu seseorang sudah hapal betul, menguasai situasi yang ada.

Setiap orang tentu punya zona nyamannya sendiri-sendiri. Anak kecil juga punya zona nyamannya sendiri. Rumahnya merupakan zona nyamannya. Maka ketika harus menginap di rumah paman atau tantenya dia merasa gelisah dan tidak nyenyak tidurnya. Setelah ia sering menginap di rumah tante atau pamannya maka rumah tersebut juga akhirnya menjadi zona nyamannya.



Dari anak kecil tadi kita jadi tahu bahwa ketika keluar dari rumah untuk menginap di tempat lain ia merasa gelisah. Ia telah keluar dari zona nyamannya. Tapi lama-kelamaan rumah baru tersebut jadi zona nyamannya juga. Artinya ketika ia telah menguasai situasi dan lingkungan rumah baru tersebut.

Dalam hidup tentu kita sering harus keluar dari zona nyaman kita. Kita pindah ke tempat baru, sekolah baru, teman baru, guru baru, makanan baru, kebiasaan baru. Jadi keluar dari zona nyaman merupakan sesuatu yang biasa-biasa saja, bukan sesuatu yang luar biasa.

Baca juga: Doa dan Kerendahan Hati

Walaupun demikian ada kalanya seseorang merasa berat untuk mencoba hal baru sehingga hal tersebut merupakan hal yang besar.

Ketika berada dalam situasi yang demikian kita harus ingat bahwa kita telah sering melakukannya sebelumnya, bahkan sejak kecil.